adzikra

 

 

 

 

 

 

 

 

Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Jabal Rahmah

Secara resmi, Jabal Rahmah berdiri sejak Departemen Agama menerbitkan aturan penertiban bimbingan ibadah haji pada tahun 1995. Namun sejatinya Jabal Rahmah telah melayani jamaah haji sejak tahun 1993. Berawal dari keprihatinan KH. Achmad Shofwan menyaksikan betapa banyak jamaah haji Indonesia yang tidak mengerti tata cara pelaksanaan ibadah haji secara benar. Dengan niat ingin membantu ummat khususnya yang berada di wilayah Surabaya untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan ibadah haji yang sesuai ajaran Islam, maka beliau mendirikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah diambil dari nama gunung yang berada di Arafah. Di gunung Rahmah inilah tempat bertemunya nabi Adam dan ibu Hawa, dan di tempat ini pula setiap tahunnya jutaan ummat dari seluruh penjuru dunia bertemu dan berkumpul untuk menunaikan rukun haji. Dengan semangat kebersamaan ummat tanpa memandang perbedaan status dan asal usul, KBIH Jabal Rahmah membimbing jamaah dengan penuh rahmah sejak sebelum berangkat haji, ketika berada di tanah suci, sampai setelah kembali lagi ke tanah air. Dengan model kesinambungan bimbingan tersebut diharapkan akan tercipta kualitas ummat yang lebih baik, dari segi ibadah serta ukhuwwah Islamiyyah.

Dalam perkembangannya, Jabal Rahmah juga melayani jamaah haji khusus yang dikenal dengan haji plus, serta umroh yang setiap bulannya memberangkatkan ratusan jamaah.

Materi bimbingan yang diberikan kepada jamaah Jabal Rahmah tidak hanya seputar manasik haji saja, tetapi juga menyangkut hukum dan hikmah haji. Di samping itu juga diberikan materi seputar kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji, tata cara sholat dan ibadah dalam perjalanan serta akhlaq jarimah dan adat istiadat masyarakat di Arab Saudi. Masih ditambah dengan kesehatan haji, baik berupa materi secara teori maupun pelayanan kesehatan oleh tim dokter KBIH Jabal Rahmah.

Dengan bimbingan yang demikian lengkap, serta dijalankan dengan profesional, tak heran pada tahun 2004 KH. Achmad Shofwan dan KBIH Jabal Rahmah mendapatkan anugerah Indonesian Professional Award. Reputasi dan penghargaan tersebut alhamdulillah semakin meningkatkan kepercayaan jamaah haji dan umroh terhadap Jabal Rahmah. Sejauh ini ribuan jamaah haji dan umroh telah dibimbing untuk mencapai kemabruran haji, dan sebagian dari jamaah tersebut masih aktif membangun komunikasi dengan silaturrahmi rutin.