Pesantren Terpadu Darul Muttaqien
Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk ikut mendidik ummat dari seluruh lapisan masyarakat, sekaligus mempersiapkan cendekiawan muslim yang mampu berbuat demi kepentingan pembangunan masa depan ummat.
Pesantren umumnya masih terkonotasikan sebagai sebuah lembaga tradisional yang hanya mengajarkan materi ilmu agama dan jauh dari kemajuan ekonomi serta perkembangan teknologi. Potret umum pesantren biasanya identik dengan sarung, kumuh dan seadanya.

Konsep Pesantren Terpadu Darul Muttaqien adalah perpaduan antara duniawi dan ukhrowi. Sehingga perhatian utama pesantren bukan hanya ilmu agama saja tetapi juga ilmu-ilmu lain, yang di kebanyakan pesantren disebut dengan ilmu umum. Dengan demikian santri Darul Muttaqien nantinya memiliki nilai tambah, yaitu menjadi insan ulul albab yang berakhlaq mulia, berbuat adil dan bijaksana (arif), toleran (tasamuh), serasi (tawazun) dan terhindar dari sifat ekstrem (tathorruf) dalam mengabdikan diri kepada agama, masyarakat, nusa dan bangsa. Secara khusus santri dibekali dengan berbagai macam ketrampilan dan ilmu pengetahuan yang berimbang dalam urusan duniawi dan ukhrowi.